Senin, 15 Juni 2020

RB Bahas Film: Kuch Kuch Hota Hai (1998)

(Disclaimer: Artikel yang sama telah dipublish pada 2016. Artikel kali ini adalah versi lebih ringan untuk dibaca.)

2020, bahkan sampai puluhan tahun film ini gabisa kalau gak dibahas. Mulai dari fakta produksi film ini sampai pertarungan abadi Team Rahul vs. Team Aman. Kalau RB udah pasti Team Tina, gamau tau pokoknya Team Tina hehe. Artikel ini gak akan membandingkan siapapun, justru mau bahas fakta produksi yang udah jadi rahasia umum, atau malah beberapa dari kalian belum tau.

(nb: Fakta yang tertulis berikut diambil dari wawancara casts/crews KKHH. Bisa cari videonya di youtube dengan kata kunci: “10 Years of Kuch Kuch Hota Hai”)

1. Kuch Kuch Hota Hai (16 Oktober 1998) diproduksi oleh Dharma Production. KKHH adalah film pertama karya Karan Johar. Karan udah mantep milih SRKajol sebagai peran utama, tapi waktu itu dia masih nyari peran pendukung.

2. Peran Tina diambil dari nama Twinkle Khanna, karena Karan nge-fans banget sama Twinkle. Karan nawarin peran Tina ke Twinkle Khanna, Aishwarya Rai, Urmila Matondkar, Tabu, Raveena Tandon. Boom! Mereka semua nolak.

3. Shah Rukh ikut andil dalam memilih Rani untuk peran Tina. SRK kagum sama akting Rani di Raja Ki Aayegi Baraat. Bisa dibilang habis SRK rekomen Rani ke Karan, Karan nawarin naskah KKHH ke Rani. Boom! Rani menerima peran Tina.
Awalnya Rani sempat gak PD buat main sebagai kekasihnya SRK di film, secara SRKajol udah hits sejak Baazigar & DDLJ. Boom! Semua meyakinkan Rani kalau itutu gak masalah, kuylah main aja jadi Tina. Eh bener dong, Tina banyak memenangkan hati penonton juga kan.

4. Rani sempat takut pas syuting lagu Koi Mil Gaya, soalnya dia pake rok pendek dan mesti nari di panggung setinggi 6kaki.

5. Scene favorit Rani di KKHH: scene saat Tina meninggal. (nah loh?) Rani suka scene itu karena itu adegan emosional, sampe para crew, SRK, Karan, dan Rani sendiri beneran nangis (gapake tetes mata guys).

6. Karan nyari peran Aman, kriterianya: pria ganteng dan punya sisi tradisional. Salman Khan langsung mau main sebagai Aman, tanpa tau naskahnya terlebih dahulu.

7. Saat syuting lagu Yeh Ladka Hai Deewana – yang adegan bersepeda di pantai – itu Kajol bener-bener jatuh sampe pingsan selama 3jam. Karan & SRK panic dan langsung nelpon Ajay waktu itu.

8. Kuch Kuch Hota Hai title track karya Jugal Hansraj (itu lho pemeran Sameer di film Mohabbatein), dia tiba-tiba aja dapat inspirasi katanya.

Hayo, di masa #dirumahaja gini udah berapa kali nonton ulang Kuch Kuch Hota Hai? Terlepas dari kesuksesan KKHH di pasar global, KKHH juga sukses bawa pulang penghargaan. Salah limanya adalah:
Film Terbaik
Sutradara Terbaik – Karan Johar
Aktor Terbaik – SRK
Aktris Terbaik – Kajol
Aktris Pendukung Terbaik – Rani Mukherjee


0 komentar:

Posting Komentar